Cara Mereset Password Root Debian


Cara Mereset Password Root Debian

Root merupakan user yang memiliki kedudukan tertinggi jika dibandingkan dengan user-user lain yang ada di Linux. User root dapat disamakan seperti halnya user Administrator pada sistem operasi windows.

Dengan user tersebut kita mampu melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan oleh user biasa. Seperti membuat user baru, mengubah password user, menjalankan dan mematikan servis sistem, dan masih banyak lagi.

Sudah menjadi hal wajib bagi kita untuk selalu mengingat kata sandi pada akun yang kita gunakan. Salah satu contohnya adalah kata sandi user root (jika kita memegang kendali administrator).

Password dari user root sangatlah penting dan kerap digunakan sebagai otorisasi ketika menjalankan perintah-perintah tertentu. Contoh yang sering dijumpai adalah ketika kita hendak menginstal paket aplikasi atau mengedit konfigurasi sistem. Sebelum proses-proses tersebut dapat berjalan, pasti kita akan diminta untuk memasukkan password milik user root.

Artikel Pilihan :


Lantas bagaimana jika kita sampai lupa dengan password yang digunakan oleh user root ? Tentu saja kita tidak bisa menjalankan proses-proses yang menggunakan hak akses administrator. Solusi untuk  mengatasi lupa password pada user root adalah dengan meresetnya.

Cara mereset password pada user root hampir sama dengan mereset password user biasa. Jika kita ingin mereset password user yang bukan root, kita cukup menggunakan perintah “passwd [nama_user]” yang dijalankan melalui mode user root.

Sedangkan jika kita hanya mengetikkan perintah passwd tanpa diikuti nama usernya, maka perintah tersebut akan menjalankan proses untuk mengganti kata sandi yang digunakan oleh user root.

Jadi bagaimana cara mereset password root ? Seperti yang saya katakan di atas, caranya hampir sama dengan mengubah kata sandi pada user biasa. Yakni dengan menggunakan perintah passwd kemudian mengubah password yang digunakan oleh root. Yap, mereset password/kata sandi pada dasarnya adalah mengubah kata sandi lama yang terlupakan menjadi kata sandi baru yang kita tentukan ulang.

Langkah-langkah Mereset Password Root

Untuk mengubah kata sandi dari user root kita harus login dengan mode root. Nah, karena kita lupa passwordnya maka kita tidak dapat masuk dan mengubah passwordnya. Oleh karena itu kita perlu masuk ke dalam sebuah mode dimana kita bisa mengubah password root tanpa harus login.

Untuk masuk ke mode tersebut, nyalakan komputer dan tunggu hingga masuk ke tampilan Grub boot loader pada Debian. Apabila kalian sudah dalam posisi login menggunakan user lain, lakukan restart dengan menggunakan tombol restart (jika menggunakan tampilan GUI) atau dengan menekan tombol keyboard Ctrl + Alt + Del (jika menggunakan tampilan teks).

Pada saat sampai pada tampilan boot loader Debian, tekan huruf “e” pada keyboard.

Tampilan bootloader GRUB pada linux debian

Maka kita akan masuk ke dalam tampilan editor sederhana dengan beberapa baris script/kode.

Tampilan editor teks pada bootloader GRUB

Arahkan kursor keyboard ke bawah, lalu cari baris perintah yang mengandung kata “linux.....quiet

Proses mengedit konfigurasi pada bootloader GRUB

Kemudian tambahkan script init=/bin/bash rw di samping tulisan quiet tadi.

Proses mengedit konfigurasi pada bootloader GRUB

Tekan tombol Ctrl + x atau F10 untuk menyimpan settingan dan melanjutkan proses booting.

Selanjutnya kita akan masuk ke dalam sebuah shell dengan mode user root. Pada saat inilah kalian ketik perintah passwd. Maka kalian akan diminta untuk memasukkan kata sandi baru untuk user root.

Menggunakan perintah "passwd" untuk mengubah password
Perintah "passwd"

Proses mengubah kata sandi user root debian
Proses mengubah password root

Setelah password berhasil diubah, lakukan restart dengan peritah Ctrl + Alt + Del. Lalu silahkan coba login lagi dengan menggunakan user root dan password yang telah diubah tadi.

Demikian solusi tentang cara mereset password root pada debian linux. Semoga membantu bagi kawan-kawan yang mengalami lupa kata sandi user root.

Load Comments