Cara Mudah Membangun Router & Server dengan X-code Pandawa


Cara Mudah Membangun Router & Server dengan X-code Pandawa
Sistem operasi berbasis linux dikenal dengan kemampuannya yang powerfull. Salah satu kelebihan yang dimiliki adalah, kita dapat membangun sebuah router bahkan server hanya dengan menggunakan distro linux biasa (bukan versi server atau router).

Salah satu contoh distro linux yang sering digunakan untuk membangun server/router adalah debian dan ubuntu. Untuk ubuntu, sebenarnya terdapat versi khusus untuk server, namun dengan menggunakan versi client kita tetap bisa mengubahnya menjadi sebuah server maupun router.

Permasalahan yang sering terjadi ketika kita hendak membuat router atau server menggunakan linux adalah pada bagian pengoperasiannya. Yap, linux router atau server biasanya menggunakan mode teks (command line interface) meskipun ada juga yang menyediakan tampilan grafis untuk konfigurasi, akan tetapi secara umum server dan router berbasis linux menggunakan tampilan berbasis teks untuk proses instalasi paket aplikasi dan pengaturan sistemnya.

Hal ini yang sering menjadi masalah lantaran mengoperasikan sistem operasi berbasis teks “terasa lebih sulit” dibandingkan mengoperasikan sistem operasi berbasis GUI. Kita perlu mengetahui perintah-perintah apa saja yang harus digunakan. Oleh karena itu kita juga harus belajar untuk menghafalkan perintah-perintah command line tersebut.

Baca Juga : Kumpulan Perintah Command Line pada Debian !

Selain itu, kesuiltan yang sering dialami adalah mengetahui daftar paket aplikasi yang diperlukan ketika hendak menginstal sebuah layanan (service). Misalnya ketika hendak membuat web server yang menyediakan konten dinamis, tentunya kita tidak hanya menginstal apache atau nginx. Kedua aplikasi tersebut hanyalah aplikasi dasar. Sedangkan untuk tambahannya, kita perlu menginstal paket-paket lain seperti php dan database server (mysql atau mariadb).

Baca Juga : Cara Menginstal Web Server di Linux Debian dan Centos !

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang sebuah aplikasi untuk membangun server dan router linux dengan cara yang cukup mudah. Kita tidak perlu susah-susah mengingat daftar paket aplikasi yang diperlukan ketika akan menginstal suatu service pada server atau router.

Kita akan menggunakan sebuah aplikasi yang bernama X-code Pandawa. Apa itu X-code Pandawa ?

X-code pandawa adalah aplikasi untuk membangun NAT, DHCP Server, bandwidth managemen, access log, cache web, port forwarding, VPN Server, apache2, mysql-server, virtualhost, DNS Server & Samba secara cepat termasuk konfigurasinya. Sumber -

Jadi, X-code pandawa merupakan sebuah aplikasi yang dibuat untuk memudahkan kita dalam menginstal dan mengkonfigurasi layanan-layanan yang biasa ada pada router maupun server. Aplikasi ini berisi kumpulan menu yang akan membantu kita untuk melakukan setup sebuah router atau server berbasis Linux.

X-code pandawa ini terbagi menjadi dua, yakni X-code Pandawa Router dan X-code Pandawa Server. Perbedaannya sudah terlihat jelas dari namanya. X-code Router berisi paket-paket serta konfigurasi untuk membangun router. Sedangkan X-code Server berisi paket-paket serta konfigurasi server.

Berikut adalah tampilan dari X-code Pandawa Router dan X-code Pandawa Server :

Tampilan aplikasi X-code Pandawa Router
 X-code Pandawa Router

Tampilan aplikasi X-code Pandawa Server
X-code Pandawa Server

Instalasi X-code Pandawa

Sebelum menuju ke langkah-langkah instalasi. Siapkan dahulu perangkat komputer yang akan dijadikan server atau router dengan spesifikasi :

  • Sistem operasi Ubuntu 16.04
  • 2 buah LAN Card (untuk router)
  • 1 buah LAN Card (untuk server)
  • Terhubung dengan koneksi internet (untuk menginstal paket-paket server/router)
  • Apabila menggunakan sistem operasi virtual maka cukup atur jumlah network adapter sesuai kebutuhan di atas.

Selanjutnya adalah langkah-langkah instalasi x-code pandawa. Pertama-tama kita perlu menginstal git rerlebih dahulu. Pada ubuntu 16.04, paket git sudah tersedia secara bawaan sehingga tidak perlu menambahkan repositori tambahan.
root@ubuntu_linux:~# apt install git-core
atau
sudo apt install git-core

Kemudian kita buat direktori data untuk menampung file x-code pandawa dari github nanti.
root@ubuntu_linux:~# mkdir /home/data
root@ubuntu_linux:~# cd /home/data

Unduh file x-code pandawa dari source githubnya
root@ubuntu_linux:/home/data# git clone https://github.com/kurniawandata/xcodepandawa2
Ukuran file sekitar 5.5 MB

Cek dengan perintah ls maka akan terdapat direktori dengan nama xcodepandawa2

Tampilan isi dari direktori /home/data

Masuk ke dalam direktori tersebut. Di dalam direktori tersebut terdapat file panduan serta file installer dengan nama xcodepandawa26.deb. Instal dengan menggunakan perintah dpkg.
root@ubuntu_linux:/home/data# cd xcodepandawa2
root@ubuntu_linux:/home/data/xcodepandawa2# ls
modulxcodepandawarouter&server.pdf  README.md  xcodepandawa26.deb
root@ubuntu_linux:/home/data/xcodepandawa2# dpkg -i xcodepandawa26.deb

Setelah instalasi selesai, akan muncul direktori dengan nama xcodepandawa2 yang terletak di dalam direktori root (/).

Tampilan isi dari direktori root

Menjalankan X-code Pandawa Router

Masuk ke dalam direktori xcodepandawa2 yang terletak pada direktori root. Di dalamnya terdapat file xcoderouter dan xcodeserver.

Tampilan isi direktori /xcodepandawa2

Untuk menjalankan x-code router gunakan perintah berikut :
./xcoderouter

Maka akan muncul tampilan dari aplikasi x-code pandawa router.

Tampilan menu dari aplikasi X-code Router

Dapat kita lihat bahwa terdapat banyak menu pilihan yang bisa kita gunakan. Layanan router yang disediakan oleh aplikasi ini antara lain : NAT, DHCP Server, Bandwidth Monitoring, Bandwidth Management (QoS), Proxy, Port Forwarding, serta VPN Server.

Apabila kalian ingin menginstal x-code router ke dalam sistem operasi, maka pilih menu nomer 1.

Tunggu proses instalasi. Setelah selesai, kita diminta untuk mengkonfigurasi interface yang akan digunakan oleh router.

File konfigurasi interface router

Simpan konfigurasi. Kemudian sistem akan meminta untuk restart.

Setelah restart dan melakukan login, maka otomatis sistem akan menampilkan aplikasi x-code router. Untuk keluar dari aplikasi, pilih menu nomer 26.

Keluar dari aplikasi X-code Router

Menjalankan X-code Pandawa Server

Apabila kalian ingin menjalankan x-code server, maka jalankan file xcodeserver. Jangan lupa masuk ke dalam direktori xcodepandawa2 dahulu.
./xcodeserver

Tampilan menu pada aplikasi X-code Server

Daftar service yang tersedia untuk versi server antara lain : Web Server (apache), virtualhost, DNS Server, serta Samba Server.

Mungkin belum banyak service yang tersedia, namun dengan beberapa service di atas cukup untuk membangun sebuah server pada jaringan kantor.

Untuk menginstal x-code server, pilih menu nomer 1. Kemudian kita akan diminta untuk memasukkan password. 

Perintah memasukkan password ketika instalasi

Kalian bisa mengisikan password baru atau password yang sama yang kalian gunakan ketika login ke dalam sistem operasi.

Setelah instalasi selesai, kita akan diminta untuk mengkonfigurasi interface yang akan digunakan oleh server.

File konfigurasi interface server

Gambar di atas hanya contoh. Apabila kalian ingin mengkonfigurasi server, setting ip address secara statik, jangan dinamik (dhcp). Simpan konfigurasi, kemudian sistem akan merestart komputer. Untuk keluar dari tampilan aplikasi x-code server, pilih menu nomer 22.

Keluar dari aplikasi X-code Server

Sekian dulu postingan untuk kali ini. Untuk cara menginstal dan konfigurasi layanan router atau server dapat kalian baca pada file panduan (modul) yang sudah disediakan. Lebih jelasnya bisa kalian lihat pada halaman github x-code pandawa. Semoga bermanfaat.

Referensi :
Github.com/kurniawandata/xcodepandawa2



Load Comments