Tutorial Menginstal Debian 9 Berbasis Teks


Tutorial Menginstal Debian 9 Berbasis Teks
Debian merupakan distro linux yang banyak digunakan untuk belajar membangun server. Sistem operasi yang satu ini memang cenderung lebih mudah dikonfigurasi dibanding dengan sistem operasi lain seperti centos dan freebsd.

Saat ini debian telah memasuki versi 9.x. Apabila kalian terbiasa menggunakan debian 7 atau di bawahnya mungkin akan banyak perbedaan yang ditemui khususnya pada bagian konfigurasi.

Kali ini penulis akan berbagi tutorial cara menginstal debian 9 berbasis teks. Kenapa harus berbasis teks ? Sebenarnya tidak harus. Kalian bisa menginstal debian dengan tampilan grafis. Akan tetapi ukuran memori yang dibutuhkan untuk mengoperasikan sistem akan lebih besar. Jadi kita menginstal
dengan mode teks saja agar hemat resource.

Untuk menginstal sistem operasi debian 9 ini, ada dua pilihan file instaler yang bisa kita gunakan, yakni CD atau DVD (bisa diunduh melalui halaman download debian). Perbedaan utama antara cd instaler dengan dvd instaler adalah ukuran filenya. File DVD cenderung memiliki ukuran yang lebih besar dibanding instaler CD. Selain itu, pada dvd instaler sudah tersedia banyak paket aplikasi yang bisa diinstal tanpa perlu mendownload terlebih dahulu.

Lalu mana yang harus digunakan (CD atau DVD) ? Jika kamu ingin yang praktis maka gunakanlah DVD. Karena banyak paket yang sudah tersedia yang siap instal.

Tapi, ukuran dari file dvd instaler debian cukup besar. Untuk satu DVD ukurannya sekitar 3 GB. Apabila kamu ingin mengunduhnya maka siapkan koneksi internet serta ruang penyimpanan untuk menyimpan file iso tersebut.

Sedangkan, jika kalian ingin menginstal debian dengan paket yang minimalis atau mungkin tidak memiliki koneksi yang mencukupi, maka gunakan CD instaler. Ukuran dari cd ini sekitar 300 MB. Cukup kecil kan ?

Namun sesuai dengan ukurannya, instaler cd ini hanya berisi paket-paket untuk sistem dasar. Untuk menginstal paket aplikasi yang diinginkan, kita perlu mengunduhnya melalui repositori debian.

Untuk tutorial pada postingan ini, instaler yang digunakan adalah CD instaler. Oleh karena itu, setelah proses instalasi selesai, kita perlu menginstal beberapa paket aplikasi tambahan. 

Tutorial ini dibuat dalam bentuk dokumen PDF, sehingga bisa diunduh dan disimpan di komputer kalian masing-masing. Berikut adalah tutorial menginstal debian 9 berbasis teks :

Demikian postingan tentang panduan instalasi debian 9. Semoga dapat dipahami dan bisa menjadi manfaat bagi para pembaca semua.


Load Comments