Alldeb, Cara Mudah Install Aplikasi di Linux


Menginstal aplikasi di Linux memang tidak semudah seperti di Windows. Pengguna harus menggunakan command line untuk menginstal sebuah aplikasi, bahkan tak jarang kita harus terkoneksi internet untuk menginstal paket-paket lain yang dibutuhkan aplikasi agar bisa berjalan lancar. Hal inilah yang mungkin  menjadi salah satu penghambat seseorang untuk menggunakan Linux.

Namun hal seperti itu tidak perlu dikhawatirkan lagi. Sekarang ini telah ada metode yang dapat memudahkan kita untuk menginstal aplikasi pada Linux yang bernama Alldeb. Dikutip dari halaman web alldeb,


"Alldeb adalah sebuah metode yang membantu Anda untuk menginstall aplikasi di Ubuntu secara single-file (1 file installer untuk 1 aplikasi) tanpa dependensi tambahan pada saat proses instalasi. Kurang lebih seperti .exe pada Windows."

Alldeb akan mengumpulkan paket-paket yang diperlukan oleh sebuah aplikasi kemudian mem-bundle-nya menjadi satu buah file berekstensi .alldeb yang sudah siap instal. Jadi dengan alldeb ini, kita bisa menginstal aplikasi hanya dengan double click seperti pada Windows. Untuk menginstal file alldeb dibutuhkan Alldeb Manager yang bisa dikatakan sebagai tool package installer untuk melakukan instalasi file alldeb (mirip seperti Gdebi).

Perlu diketahui, bahwa Alldeb hanya menyediakan aplikasi-apliakasi yang tersedia pada repository bawaan. Misal kamu menggunakan Ubuntu 16.04, maka alldeb hanya menyediakan aplikasi-aplikasi yang terdapat pada repository Ubuntu 16.04. Jadi untuk aplikasi-aplikasi di luar repository tersebut harus kamu instal sendiri melalui command line.

Sampai saat postingan ini dibuat, Alldeb tersedia untuk beberapa distribusi Linux antara lain :
  • Ubuntu 14.04 
  • Ubuntu 16.04
  • Ubuntu 16.10
  • Ubuntu 17.04
  • Debian 8 
  • Debian 9 
  • BlankOn 9
  • BlankOn X
  • Linux Mint 18
  • Linux Mint 18.1
  • Linux Mint 18.2
  • elementary OS 0.4

Selanjutnya akan saya contohkan bagaimana menggunakan Alldeb untuk menginstal aplikasi. Di sini saya akan menginstal aplikasi pada sistem operasi Linux Mint 18 Sarah. Sebelum itu, download Alldeb Manager terlebih dahulu. Karena disini saya sudah menginstal Alldeb Manager, maka saya langsung lanjutkan ke langkah-langkah untuk menginstal aplikasi dari alldeb :


Alldeb Webmaker

2. Pilih distro llinux yang digunakan. Disini saya pilih Linux Mint 18.

Alldeb Webmaker

3. Kemudian pada kolom Profil, pilih profil (Desktop Environment) dari distro yang digunakan. Lalu pada kolom Arsitektur, pilih arsitektur OS yang kamu gunakan. Selanjutnya ketikkan aplikasi yang ingin diinstal. Apabila masih bingung, kamu dapat mencari daftar aplikasi yang ada pada tulisan Cari disebelah kanan Nama Aplikasi.

Alldeb Webmaker

4. Selanjatnya Alldeb akan memproses aplikasi yang kita minta kemudian akan menampilkan informasi file beserta link untuk mengunduhnya.

Alldeb Webmaker

5. Double Click file yang telah kita unduh tadi maka akan muncul jendela Alldeb Manager. Pastikan nama file telah sesuai. Jika belum, kamu dapat mencari file menggunakan tombol Browse. Kemudian klik tombol Install untuk melanjutkan ke proses instalasi.

Lokasi File Unduhan Alldeb

Jendela Alldeb Manager

6. Masukkan password root atau password yang kamu gunakan untuk login. 

Proses Instalasi File Alldeb

7. Selanjutnya akan berlangsung proses instalasi. Apabila sudah selesai, silahkan klik sembarang tombol untuk keluar dari Alldeb Manager.

Proses Instalasi File Alldeb

8. Terakhir, jalankan aplikasi yang baru saja selesai kita install. Kamu dapat menjalankan aplikasi melalui Main menu maupun melalui terminal.

Tampilan Main Menu Linux Mint 18


Tampilan Aplikasi Zeal


Sekian penjelasan mengenai Alldeb. Banyak kelebihan yang dapat kita peroleh dengan menggunakan Alldeb ini. Kita bisa menggunakan file alldeb yang sudah kita download untuk komputer atau laptop lain yang menggunakan sistem operasi dan arsitektur yang sama. Jadi kamu tidak perlu repot untuk mengunduh aplikasi di setiap komputer. Cukup copy file lalu instal. Tapi pastikan sudah ada Aldeb Manager nya ya. Mudah bukan ??



Referensi : alldeb.net



Load Comments