Cara Menginstal Mikrotik CHR di Qemu GNS3


Cara Menginstal Mikrotik CHR di Qemu GNS3
Qemu merupakan aplikasi emulator yang sering digunakan untuk menjalankan host-host virtual pada aplikasi GNS3. Jika kalian sering melakukan virtualisasi jaringan mungkin sudah tidak asing dengan Qemu dan GNS3. Sebenarnya terdapat aplikasi lain yang bisa digunakan untuk menjalankan perangkat virtual di GNS3, yakni Virtualbox dan Vmware. 

Sayangnya kedua aplikasi tersebut memiliki kelemahan dimana satu mesin virtual hanya bisa digunakan untuk satu perangkat sehingga jika kita ingin menjalankan beberapa perangkat virtual yang sama contohnya router mikrotik, kita perlu membuat mesin virtualnya sejumlah router yang ingin kita jalankan.

Akan tetapi dengan Qemu, kita hanya perlu membuat satu buah mesin yang selanjutnya dapat digunakan berkali-kali. Jadi jika kalian ingin melakukan simulasi jaringan dengan banyak perangkat yang sama, gunakanlah qemu karena akan lebih praktis.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara menginstal Mikrotik CHR di Qemu GNS3. Pada GNS3 dengan versi terdahulu, untuk menginstal sistem operasi dengan qemu, pengaturannya dilakukan secara CLI (berbasis teks) sehingga sedikit menyulitkan bagi orang-orang yang tidak terbiasa dengan command line. Namun pada GNS3 versi-versi baru, untuk melakukan pengaturan tersebut cukup mudah.

Baca Juga :

Berikut adalah langkah-langkah instalasi Mikrotik CHR di Qemu :
Pertama-tama, unduh dahulu file image Mikrotik CHR dari situs resminya. Pilih file dengan tipe RAW Disk Image kemudian unduh sesuai versi yang diinginkan.

Situs download mikrotik official

Setelah terunduh, selanjutnya jalankan aplikasi GNS3. Pastikan kalian telah menginstal aplikasi tersebut. Di sini saya menggunakan GNS3 versi 2.1.3.

Masuk ke menu tab Edit, lalu pilih Preferences.

Tampilan menu tab edit pada GNS3

Pilih menu Qemu VMs, kemudian klik New.

Membuat Qemu VMs baru

Tentukan tipe server untuk VM tersebut. Karena saya menggunakan lokal server untuk GNS3, maka pilih opsi yang bawah.

Pilihan tipe server yang akan digunakan

Jika muncul peringatan seperti di bawah ini, abaikan dan tekan OK.

Tampilan peringatan qemu

Berikan nama untuk mesin virtualnya.

Memberi Nama Mesin Virtual

Tentukan alokasi memori (RAM) yang akan digunakan oleh mesin virtual tersebut. Sebenarnya minimal memori untuk CHR adalah 128MB akan tetapi karena untuk kepentingan belajar dan menghemat penggunaan memori maka bisa dialokasikan sebesar 64MB.

Pengaturan alokasi memori

Pada pilihan tipe console silahkan pilih telnet.

Pilihan tipe console yang akan digunakan

Langkah selanjutnya adalah memilih disk image yang akan digunakan oleh virtual machine. Pilih file image yang telah diunduh tadi. 

Pengaturan Memilih Disk Image

Apabila pada langkah di atas muncul pemberitahuan seperti ini, maka pilih saja Yes, maka file image akan disalin ke direktori qemu.

Notifikasi untuk menyalin file image disk

Langkah berikutnya adalah melakukan pengaturan mesin virtual yang baru saja selesai dibuat. Pilih Edit.

Melakukan setting mesin virtual

Kemudian masuk ke menu tab Network. Tentukan jumlah interface jaringan yang akan digunakan oleh mesin virtual. Simpan pengaturan dengan klik Apply lalu OK.

Mengatur jumlah network interface card

Sampai di sini kita telah selesai menginstal CHR di Qemu. Untuk menggunakannya cukup seret simbol VM-nya ke area yang kosong.

Kalian juga dapat mengubah simbolnya. Misalkan ingin diubah menjadi simbol router. Klik kanan router CHR kemudian pilih Change Symbol.

Mengubah simbol mikrotik chr

Kemudian cari simbol untuk router dan pilih Apply. Maka simbol CHR akan berubah menjadi bentuk router.

Memilih simbol router

Jalankan router dengan cara klik kanan kemudian pilih Start. Tunggu beberapa saat karena router sedang melakukan booting.

Menjalankan mikrotik CHR

Untuk mengkonfigurasi router, klik kanan kemudian pilih console

Membuka terminal console mikrotik

Maka akan masuk ke dalam terminal mikrotik. Silahkan login menggunakan identitas default yakni username : admin dan password : (kosong).

Tampilan terminal mikrotik

Mikrotik CHR siap untuk dikonfigurasi. Sekian tutorial kali ini tentang cara menginstal Mikrotik CHR pada Qemu. Semoga mudah dipahami.


Load Comments