Cara Menginstal Mikrotik CHR di VMWare


Cara Menginstal Mikrotik CHR di VMWare
CHR (Cloud Hosted Router) adalah RouterOS yang berjalan pada virtual machine. Berbeda dengan RouterOS yang biasa digunakan pada routerboard mikortik atau PC x86, CHR ini memang dikhususkan untuk berjalan di dalam aplikasi virtualisasi atau pada virtual private server (VPS) yang berjenis KVM.

CHR tidak menggunakan file .iso melainkan menggunakan virtual disk image yang terbagi menjadi beberapa :
  • RAW disk image (.img)
  • VMware disk image (.vmdk)
  • Hyper-V disk image (.vhdx)
  • Virtualbox disk image (.vdi)

Spesifikasi minimal yang diperlukan untuk menginstal CHR adalah sebagai berikut :
  • Proccessor dengan arsitektur 64bit dan mendukung virtualisasi
  • RAM 128 MB atau lebih
  • Disk sebesar 128 MB atau lebih

Yang menjadi kelebihan dari CHR ini adalah free license. Apabila pada PC x86 kita harus membeli lisensi dahulu agar mikrotik bisa digunakan terus menerus, maka pada CHR ini kita bisa langsung menggunakan berbagai fitur yang ada tanpa batasan waktu.

Sementera itu, karena lisensinya gratis maka CHR juga memiliki kekurangan, yakni masing-masing interface router hanya diberikan jatah bandwidth maksimal 1 Megabit. Apabila kamu ingin mendapatkan bandwidth yang lebih besar kamu bisa membeli lisensi yang disediakan untuk CHR ini.

Setelah sedikit membahas sedikit tentang CHR, maka selanjutnya saya akan praktikan cara untuk menginstal CHR pada aplikasi virtualisasi di komputer. Aplikasi yang akan saya gunakan adalah VMware Workstation versi 12.

Sebelumnya, download terlebih dahulu file mikrotik CHR nya di situs mikrotik. File yang akan saya gunakan adalah chr-6.40.1.vmdk, yakni CHR versi 6.40.1 yang merupakan versi terbaru untuk saat ini. Berikut adalah langkah-langkah menginstal CHR di VMware :

1. Buka aplikasi VMware kemudian klik pada menu File dan pilih New Virtual Machine... atau bisa juga menggunakan shortcut keyboard dengan menekan tombol ctrl + N.

New Virtual Machine

2. Pilih opsi Custom (advanced) karena kita ingin menginstal mikrotik menggunakan virtual disk image.

Welcome to New Virtual Machine Wizard

3. Tentukan hardware compability yang ingin digunakan. Disini saya pilih opsi default karena saya hanya menggunakan VMware Workstation 12. Kemudian klik next.

Virtual Machine Compatibility

4. Pada bagian ini kita pilih opsi I will install the operating system later karena kita tidak menggunakan file iso.

Menentukan File Instaler

5. Pada Guest operating system pilih opsi other, dan pada Version pilih other 64-bit.

Menentukan Sistem Operasi

6. Berikan nama untuk virtual machine. Disini saya akan memberikan nama Mikrotik-CHR. Lalu tentukan lokasi tempat penyimpanan untuk virtual machine yang akan kita buat.

Memberi Nama VM

7. Tentukan jumlah proccessor dan core per proccessor yang akan digunakan untuk mikrotik nanti. Di sini saya menggunakan settingan default. Kamu bisa ubah settingan tersebut sesuai dengan spesifikasi komputer kamu. Yang terpenting jangan sampai melebihi dari spesifikasi yang dimiliki oleh komputer. Jika komputer hanya menggunakan 1 processor dan memiliki 2 core proccessor, maka kamu harus menggunakan settingan di bawah spesifikasi tersebut agar komputer kamu tetap mampu menjalankan virtual machine dengan lancar.

Menentukan Jumlah Processor

8. Selanjutnya tentukan besar memori yang akan digunakan. Disini saya pilih 128MB.

Menentukan Ukuran Memori

9. Pada Network type, kita pilih saja Use host-only networking.

Menentukan Mode Jaringan

10. Pada I/O controller types kita pilih sesuai pilihan defaultnya saja.

Cara Menginstal CHR di VMware

11. Untuk virtual disk type biarkan sesuai pilihan defaultnya.

Cara Menginstal CHR di VMware

12. Langkah selanjutnya adalah menentukan disk yang akan digunakan untuk virtual machine. Pilih Use an existing virtual disk.

Cara Menginstal CHR di VMware

13. Kemudian cari file image yang sudah kita download tadi.

Cara Menginstal CHR di VMware

14. Lalu akan muncul pertanyaan apakah kita ingin mengubah format disk yang digunakan. Jika iya maka virtual disk akan dikonversi agar mendukung VMware12, akan tetapi virtual disk menjadi tidak dapat digunakan oleh software virtualisasi lain seperti virtualbox. Oleh karena itu kita pilih saja Keep Existing Format agar file image tetap bisa digunakan pada aplikasi lain.

Cara Menginstal CHR di VMware

15. Konfigurasi virtual machine sudah selesai dan siap untuk dinyalakan. Apabila kalian ingin mengubah beberapa settingan seperti jumlah network interface card yang digunakan, kalian bisa pilih customize hardware. Setelah itu klik Finish.

Cara Menginstal CHR di VMware

16. Selanjutnya adalah menyalakan virtual machine. Tekan tombol power on yang terletak di sebelah kiri.

Cara Menginstal CHR di VMware

17. Tunggu virtual machine selesai booting.

Proses booting CHR

18. Kemudian masuk atau login ke dalam mikrotik menggunakan user admin dan password kosong (tanpa password).

Proses booting CHR

19. Selamat, Mikrotik CHR telah berhasil dipasang pada VMware, dan inilah tampilan berbasis teks. Tidak berbeda dengan mikrotik RouterOS yang biasanya kan ?

Tampilan CHR berbasis teks

20. Dan inilah tampilan apabila diakses melalui aplikasi Winbox yang juga tidak berbeda dengan tampilan RouterOS yang lainnya.

Tampilan CHR pada Winbox


Referensi :
wiki.mikrotik.com


Load Comments