Cara Menginstal Mikrotik CHR di Virtualbox



Masih membahas mengenai Mikrotik Cloud Hosted Router (CHR), apabila sebelumnya saya telah mempraktikan langkah-langkah untuk menginstal CHR pada VMware, maka kali ini saya akan mempraktikan cara menginstal CHR pada aplikasi virtualisasi yang lain yakni Virtualbox.

Karena pada postingan sebelumnya saya sudah membahas sedikit mengenai Mikrotik CHR, maka pada postingan kali ini saya tidak akan membahasnya lagi dan akan langsung mempraktikan cara menginstalnya.

Cara Menginstal CHR di Virtualbox

Seperti pada saat menginstal di VMware, sebelum memulai instalasi, siapkan dahulu file image yang akan digunakan. Kalian dapat mengunduhnya di situs mikrotik.com/download, kemudian cari di bagian Cloud Hosted Router.


Kamu bisa memilih menggunakan file dengan ekstensi .vmdk maupun .vdi. File dengan ekstensi .vmdk bisa kita gunakan pada VMware maupun Virtualbox. Sedangkan file dengan ekstensi .vdi hanya bisa digunakan untuk Virtualbox. Pada tutorial ini, saya menggunakan file image .vmdk.

Berikut adalah langkah-langkah instalasi Mikrotik CHR pada Virtualbox : 

1. Buka aplikasi Virtualbox, lalu pilih opsi New di pojok kiri. Kemudian beri nama virtual machinnya. Pada opsi type silahkan pilih other dan pada opsi version pilih other/unknown (64-bit).

Cara Menginstal CHR di Virtualbox

2. Selanjutnya tentukan besar memori yang akan digunakan. 

Cara Menginstal CHR di Virtualbox

3. Kemudian kita pilih Use an existing virtual hard disk file karena kita akan menggunakan virtual image disk. Lalu cari file image yang sudah diunduh tadi.

Cara Menginstal CHR di Virtualbox

4. Klik tombol start utuk memulai proses instalasi.

Cara Menginstal CHR di Virtualbox

5. Tunggu proses yang terjadi. Apabila sudah selesai, silahkan login menggunakan user admin dan password kosong (tanpa password).

proses booting chr

tampilan login chr

6. Selamat, mikrotik CHR telah terinstal di Virtualbox. 

tampilan mikrotik chr mode teks

Itulah langkah-langkah untuk menginstal mikrotik CHR pada Virtualbox. Untuk menginstal CHR di Virtualbox sangatlah mudah dan singkat. Sekian dulu untuk tutorial kali ini.


Load Comments