Download Modul Lab Mikrotik


Download Modul Lab Mikrotik

Mikrotik merupakan salah satu dari sekian banyak vendor perangkat jaringan. Di Indonesia, penggunaan produk mikrotik telah digunakan secara luas, mulai dari rumah, sekolah, hingga kantor dengan banyak cabang. Di lingkungan sekolah, Mikrotik menjadi salah satu pembelajaran yang diberikan untuk siswa sekolah kejuruan jurusan komputer jaringan. Selain itu, telah banyak lembaga training yang mengajarkan materi dan sertifikasi untuk mikrotik. Sertifikasi yang paling dasar adalah MTCNA (MikroTik Certified Network Associate).

Untuk melakukan ujian sertifikasi biasanya tidak gratis kecuali jika sekolah atau perguruan tempat kita belajar memiliki kerja sama dengan Mikrotik atau lembaga training Mikrotik. Bagi kamu yang belum memiliki cukup uang untuk mengikuti pelatihan dan sertifikasi MTCNA, kamu bisa mengasah kemampuan dengan belajar secara otodidak menggunakan modul atau e-book yang bertebaran di internet. Anggap saja sebagai langkah awal sebelum lanjut untuk melakukan sertifikasi.

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi modul lab mikrotik yang dapat digunakan untuk belajar mandiri. Tidak perlu takut jika belum memiliki perangkat routerboard Mikrotik karena kita dapat melakukan simulasi menggunakan software simulasi ataupun virtualisasi. Berikut adalah modul mikrotik yang saya gunakan untuk belajar :

MTCNA Lab Guide INTRA

Modul karya Andri Widiyanto ini membahas materi-materi yang umumnya diajarkan ketika kita melakukan pelatihan dan mengacu pada materi sertifikasi MTCNA. Mulai dari konfigurasi dasar, DHCP, firewall, tunneling, hingga routing disajikan dalam bentuk praktikum yang ringkas dan runtut. Selain itu terdapat juga materi mengenai cara untuk mereset routerboard mikrotik baik soft reset, hard reset maupun netinstall. Materi ini menjadi hal penting karena dalam praktek di lapangan nanti kita akan menemui situasi dimana kita harus melakukan reset ataupu menginstal ulang sistem perangkat mikrotik.

MTCNA Lab Guide INTRA


NgeLab Mikrotik

Modul selanjutnya adalah "NgeLab Mikrotik". Modul karya Arief Wahyudin ini berisi materi-materi seputar mikrotik yang mengacu pada MTCNA Outline . Modul ini dedesain agar mempermudah pembaca dalam melakukan praktikum (nge-lab) secara otodidak maupun bersama dengan teman-teman lainnya. Materi yang disajikan antara lain : OSI Layer, TCP /IP, Firewall, Wireless, Bridging, Tunneling, serta Routing. Teori dan konsep dirangkum dengan rapi sehingga memudahkan kita untuk memahaminya.

NgeLab Mikrotik


Itulah modul e-book tentang Mikrotik yang telah dibagikan secara free oleh para penulis dan bisa dijadikan sebagai bahan belajar bagi kamu yang ingin belajar dan mengejar sertifikasi mikrotik. Tetap semangat belajar dan "ngoprek".



Load Comments