Aplikasi Remote Mikrotik Untuk Android


Aplikasi Remote Mikrotik Untuk Android

Biasanya kita meremote perangkat mikrotik menggunakan aplikasi WinBox. Aplikasi ini memang menjadi pilihan utama karena mudah digunakan dan memiliki ukuran yang relatif kecil. Namun aplikasi winbox ini hanya diperuntukan untuk sistem operasi windows. Sedangkan untuk para pengguna Linux maupun Mac OS harus menggunakan sebuah aplikasi tambahan agar bisa menjalankan winbox, yakni menggunakan wine.

Baca Juga : Cara menginstal aplikasi wine di Linux !

Lalu bagaimana jika kita ingin mengakses router mikrotik menggunakan android ? Misalkan kita sedang berada jauh dari perangkat mikrotik dan lupa tidak membawa laptop. Apakah bisa mengakses mikrotik menggunakan smartphone android ? Jawabannya adalah bisa. Sudah ada beberapa aplikasi yang terdapat di Playstore yang dapat digunakan untuk meremote perangkat mikrotik RouterOS. Akan tetapi kali ini kita hanya akan membahas salah satu aplikasi saja, yakni Tik-App.

Mungkin sebagian teman-teman semua juga sudah mengetahui aplikasi yang satu ini, namun bagi yang belum tahu, Tik-App merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk memonitor dan melakukan konfigurasi perangkat routeros dari smartphone atau tablet. Tik-App merupakan aplikasi buatan mikrotik namun sampai saat ini masih dalam tahap pengembangan dan masih  berstatus "unrelease". Meski demikian, bukan tidak mungkin kedepannya mikrotik akan segera mengumumkan perilisan aplikasi ini secara resmi.

Lalu bagaimana cara menggunakan aplikasi ini ? Tidak perlu khawatir karena aplikasi ini sangat mudah digunakan seperti halnya kita menggunakan winbox. Setelah Tik-App terinstal di smarthpone, jalankan aplikasinya maka akan muncul halaman untuk login seperti berikut :

Gambar halaman login pada Tik-App
Silahkan isi ip, username, dan password sesuai dengan router kalian.

Setelah sukses login maka akan muncul beberapa informasi tentang perangkat router tersebut seperti board name, cpu load, uptime, dan versi routeros.

Gambar tampilan setelah berhasil login pada Tik-App
Untuk melihat daftar menu yang ada, tekan icon yang terletak di pojok kiri atas.

Untuk melakukan monitoring atau konfigurasi router, tinggal pilih sesuai menu terkait seperti halnya pada WinBox.

Daftar Menu Pada Tik-App
Daftar menu pada aplikasi Tik-App

Misal kita ingin memonitoring interface ether1. Maka tinggal pilih menu Interfaces > ether1 > kemudian masuk ke Tab Traffic.

tampilan trafik interface di Tik-App

Kemudian jika kita ingin melihat log, maka pilih menu Log.

Gambar halaman log pada Tik-App

Karena Tik-App ini merupakan aplikasi untuk mobile, maka tampilannya pun dibuat responsif dan lebih ringkas agar dapat sesuai dengan ukuran layar gadget yang digunakan. Menu-menu Tab yang biasanya pada winbox dapat kita lihat dengan mudah, maka pada aplikasi ini perlu kita explore agar dapat terlihat.

Tampilan Menu Tab di Tik-App
Tampilan menu tab pada Tik-App

Tampilan Menu Tab di Winbox
Tampilan menu tab pada WinBox

Jika kalian terbiasa melakukan aktivitas mengetik menggunakan gadget seperti smartphone atau tablet, maka untuk melakukan konfigurasi menggunakan Tik-App saya rasa tidak masalah. Namun bagi kalian yang terbiasa mengetik dengan keyboard seperti di laptop atau komputer mungkin akan terasa tidak nyaman ketika ingin melakukan konfigurasi menggunakan aplikasi mobile seperti ini. Meski begitu aplikasi ini sangat cocok untuk melakukan monitoring yang relatif hanya perlu melihat tanpa perlu melakukan konfigurasi.

Tik-App dapat  kalian unduh melalui playstore secara gratis. Sampai dengan postingan ini ditulis, telah tercatat lebih dari 100.000 unduhan. Ukurannya pun cukup kecil  sehingga tidak memakan space penyimpanan smartphone. Bagaimana, tertarik menggunakan aplikasi ini ?


Load Comments