Cara Mengatasi Ping RTO dari VMware ke PC/Laptop


Cara Mengatasi Ping RTO dari VMware ke PC/Laptop

Bagi kamu yang sering bermain dengan sistem operasi virtual pasti sudah tidak asing lagi dengan virtual machine khsususnya VMware. Dengan VMware ini kita dapat melakukan eksperimen dengan menginstal berbagai macam sistem operasi.

Jika kamu anak networking atau TKJ pasti sering menggunakan virtualisasi untuk belajar, seperti menginstal linux server (debian, ubuntu, centos, dll) atau Mikrotik (ROS).

Apakah kamu perhatikan ketika kita hendak mencoba untuk mengkoneksikan host virtual dengan host asli (laptop/PC yang kita instali software virtual machine) sering kali terjadi RTO (Request Time Out).

Hal ini sering terjadi ketika kita mencoba untuk ping dari VMware ke komputer kita. RTO dapat terjadi karena paket ICMP yang dikirm oleh host pada VMware diblok oleh firewall yang ada pada komputer kita.


Lalu apa yang kamu lakukan ? Pasti kamu akan menonaktifkan firewall yang terdapat pada laptop atau PC kamu.

Hal inilah yang sering saya lakukan di laptop Windows saya. Saya kurang tahu apakah hal ini juga harus dilakukan jika menggunakan sistem operasi lain seperti linux.

Namun menurut saya, solusi dengan menonaktifkan windows firewall adalah kurang baik atau bahkan tidak baik. Kenapa ? Karena ketika kita menonaktifkan firewall, maka otomatis laptop atau PC kita menjadi tidak terlindungi.

Begini ilustrasinya, sebelum kita menonaktifkan firewall, sebenarnya ada dinding penghalang tak terlihat yang menjaga komputer kita dari ancaman yang ada di luar komputer maupun luar jaringan.

Akan tetapi setelah kita menonaktifkan firewall maka dinding penghalang tadi menjadi hilang, sehingga komputer kita menjadi rentan terhadap ancaman dan serangan.

Coba bayangkan bagaimana keadaan sebuah rumah tanpa dinding, pasti akan membuat pencuri mudah untuk mengambil barang-barang di dalam rumah kan ?

Oleh karena itu saya akan memberikan cara alternatif untuk mengijinkan ping dari VMware ke PC atau laptop kita. Sebenarnya cara ini masih menggunakan firewall, lebih tepat nya menggunakan fitur firewall untuk mengijinkan rule tertentu.

Jadi secara gampangnya, kita akan mengkonfigurasi windows firewall agar mengijinkan koneksi ICMP yang berasal dari VMware. Langsung saja, berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Buka Control Panel > System and Security > Windows Firewall > Advanced Settings.
Jika terlalu panjang, kamu bisa menggunakan fitur pencarian di Windows, kemudian ketik "windows firewall" tanpa tanda kutip.

Cara Mengatasi Ping RTO dari VMware ke PC/Laptop

2. Setelah masuk ke dalam jendela Windows Firewall with Advanced Security, kemudian masuk ke menu Inbound Rules. Kenapa bukan outbound rules ? Karena kita akan mengatur rule yang akan masuk ke komputer kita (dari VMware ke Komputer) sehingga kita gunakan inbound rules.

Cara Mengatasi Ping RTO dari VMware ke PC/Laptop

3. Kemudian cari rule dengan nama Virtual Machine Monitoring (Echo Request - ICMPv4-In).

Cara Mengatasi Ping RTO dari VMware ke PC/Laptop

4. Double click rule tersebut, kemudian beri tanda centang pada opsi Enabled.

Cara Mengatasi Ping RTO dari VMware ke PC/Laptop

5. Klik Apply lalu OK, maka rule akan berubah warna menjadi hijau seperti berikut :

Cara Mengatasi Ping RTO dari VMware ke PC/Laptop

Apabila kamu juga ingin mengijinkan ping menggunakan ip address versi 6 maka kamu bisa mengaktifkan rule untuk ipv6.

Karena saya hanya menggunakan ipv4 maka saya tidak mengaktifkan rule untuk ipv6. Selanjutnya, kita coba lagi untuk melakukan ping dari VMware ke PC atau laptop kita.

Dan inilah perbandingan hasil ping sebelum dan sesudah konfigurasi inbound rule pada windows firewall :

Hasil ping sebelum dan sesudah

Demikianlah cara mengatasi request time out ketika ping dari vmware. Sekarang kamu tidak perlu repot-repot untuk menonaktifkan firewall. Komputer kamu akan tetap terlindungi oleh firewall. Sekian tips sekaligus tutorial dari saya, semoga mudah dipahami dan dapat bermanfaat.



Load Comments