Cara Mengakses Website Yang Diblokir



Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips buat kamu yang mungkin merasa kesal ketika ingin mengakses sebuah situs namun situs tersebut diblokir oleh administrator atau pihak penyedia internet. Padahal situs yang ingin kamu akses bukan situs yang bermuatan konten negatif. Lalu bagaimana solusinya ?

restricted area operator three

Yup, dengan menggunakan VPN. Apa itu VPN ? VPN atau Virtual Private Network merupakan jaringan pribadi (privat) yang diakses melalui internet. Sesuai dengan namanya, VPN bersifat pribadi (private) dan virtual (tidak terlihat secara langsung).

Untuk mengakses VPN diperlukan username dan password yang dibuat oleh server VPN sehingga tidak sembarang user bisa menggunakannya.

Data yang dikirim menggunakan VPN akan dienkripsi sehingga menjadikan data lebih aman ketika diaskes melalui internet. Karena adanya enkripsi tersebut, identitas pengguna VPN menjadi terjaga (rahasia).

Sekarang ini kita bisa menggunakan VPN secara mudah dan cepat karena sudah banyak aplikasi yang menyediakan akses VPN secara mudah dan gratis.

Berikut saya pilihkan beberapa alternatif aplikasi yang dapat menyediakan koneksi VPN secara cuma-cuma dan cukup efektif untuk mengakses website yang terkena blok.

1. Psiphone

Psiphone merupakan salah satu aplikasi untuk koneksi VPN yang tersedia untuk platform windows (desktop) maupun android (mobile). Namun saya sendiri lebih sering menggunakan yang untuk desktop/komputer.

Cara menggunakannya cukup mudah, tinggal jalankan aplikasi, kemudian konfigurasi akan terjadi secara otomatis. Tunggu proses dari connecting menjadi connected dan koneksi VPN telah siap digunakan.

Proses connecting pada psiphone

Tampilan setelah psiphone terkoneksi

Gambar pengujian akses web yang diblokir Hasil pengujian VPN dengan mengakses website yang diblokir.

2. Opera Browser

Siapa sangka  bahwa browser yang fungsi utama nya untuk mengakses situs-situs di internet ternyata juga menyediakan koneksi VPN. Salah satu contohnya adalah Opera. Fitur VPN dihadirkan agar identitas para pengguna browser Opera terjaga dan tetap aman ketika mengakses konten-konten yang terdapat di internet.

Untuk mengaktifkan fitur VPN ini juga cukup mudah, hanya perlu masuk ke settings > privacy & security > kemudian centang pada opsi Enable VPN.

Setelah fitur VPN aktif, maka di sebelah kiri kolom address bar (tempat untuk mengetikkan url suatu website) akan terdapat tulisan VPN.

Untuk menggunakan VPN cukup klik tulisan VPN tersebut kemudian tekan tombol untuk mengaktifkannya. Konfigurasi pemilihan server akan dilakukan secara otomatis, namun kita juga bisa memilih server yang akan kita gunakan pada opsi Virtual Location.



gambar fitur vpn pada opera

megaktifkan vpn

gambar pengujian vpn Pengujian fitur VPN pada Opera.

3. Tor Browser

Selain Opera, masih ada lagi browser yang menyediakan fitur koneksi VPN, yakni TOR browser. TOR browser merupakan browser yang biasa digunakan untuk mengakses deepweb atau darknet (sisi lain dari internet dimana banyak terdapat konten-konten privat bahkan ilegal).

Jika pada Opera kita harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur VPN-nya, maka pada TOR browser ini sudah secara otomatis aktif ketika kita menjalankan aplikasi Tor browser. 

tor browser

Sesaat setelah kita membuka atau menjalankan tor browser maka akan muncul jendela yang menampilkan proses koneksi antara TOR browser dengan server VPN. Tunggu hingga prosesnya selesai dan akses VPN sudah dapat kita gunakan.

proses connecting tor

akses web pada tor Akses website yang diblokir dengan tor.

Itulah beberapa cara untuk mengakses website yang diblokir. Sebenarnya masih banyak aplikasi-aplikasi lain yang bisa digunakan untuk koneksi VPN. Namun saya biasanya menggunakan aplikas-aplikasi di atas.

Kalau kamu malas untuk mengunduh dan menginstal, kamu juga bisa menggunakan VPN yang disediakan di beberapa situs penyedia VPN (ada yang gratis dan ada yang berbayar).

Perlu untuk diketahui bahwa VPN biasanya akan menggunakan server-server yang letaknya jauh di luar negeri. Masing-masing server memiliki kecepatan yang berbeda, sehingga koneksi ketika kita mengakses web menggunakan VPN juga akan berbeda-beda, bergantung dari server VPN nya.


Load Comments