5 Situs Untuk Belajar Pemrograman



Di era digital seperti sekarang ini, belajar tidak harus terpaku pada buku. Melalui internet kita dapat mendapatkan informasi yang melimpah baik berupa berita maupun ilmu pengetahuan. Dalam belajar pun kita bisa memanfaatkan internet sebagai sumber belajar yang menyediakan banyak materi untuk belajar. 

Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas beberapa situs yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk belajar pemrograman, baik itu HTML, CSS, PHP, Javascript, dan pemrograman yang lainnya.

Situs-situs berikut merupakan referensi yang biasa saya gunakan untuk belajar pemrograman atau mengerjakan tugas yang berkaitan dengan coding. Nah bagi kamu yang ingin mengenal pemrograman atau ingin memperdalam skill dan pengetahuan, kamu bisa mencoba untuk mengunjungi beberapa situs berikut :

w3schools

w3schools

w3schools merupakan sebuah website yang berisi berbagai materi pemrograman. Mulai dari HTML, CSS, Javascript, PHP, SQL, dan bahasa-bahsa pemrograman yang lainnya. Di sini kita bisa mempelajari materi secara step by step, jadi kamu bakal mempelajari materi mulai dari yang dasar hingga ke tingkat lanjutan.

Boleh saya bilang kalau materi di situs ini cukup lengkap, bahkan kalau kamu bersungguh-sungguh, kamu bisa belajar pemrograman secara otodidak melalui situs ini. Tak jarang w3shools sering dijadikan referensi bagi para guru untuk mengajar pemrograman.

codecacademy

codecacademy

Codecademy menawarkan pembelajaran yang interaktif. Di sini kamu bisa belajar teori dan mempraktekannya langsung melalui editor yang telah disediakan. Materi yang tersedia juga cukup banyak. Ada HTML & CSS, javascript, SQL, API, Command Line, dan beberapa bahasa pemrograman tingkat tinggi.

Jika kamu ingin belajar sebuah materi atau course kamu harus login terlebih dahulu, namun jangan khawatir karena kamu bisa login menggunakan akun facebook, google, atau membuat akun codecacademy.

Apabila kamu ingin mendapatkan materi secara full dari suatu course maka kamu harus menjadi pengguna pro/premium. Namun jangan risau, karena dengan akun yang free saja kamu sudah bisa mengikuti berbagai course yang disediakan.

CodeSaya

CodeSaya

Nah kalau kamu merasa kesulitan dengan kedua situs sebelumnya karena menggunakan bahasa inggris, mungkin kamu bisa mencoba situs yang satu ini. CodeSaya memiliki tampilan yang bisa dibilang mirip dengan codecacademy.

Kamu bisa belajar materi sekaligus mempraktekannya dengan editor yang telah disediakan. Tidak perlu khawatir karena materi yang ada menggunakan bahasa indonesia sehingga kamu akan lebih mudah untuk memahamiya.

Untuk mengakses materi yang tersedia kamu tidak perlu login dengan akun namun apabila kamu ingin mengetahui skor yang telah diperoleh maka kamu harus menggunakan akun. Mirip dengan codecacademy kan! Untuk saat ini materi yang tersedia di CodeSaya antara lain : Javacript, PHP, Python, dan Git.

CodePolitan

CodePolitan

Siapa yang tidak tahu CodePolitan. Situs ini sudah begitu terkenal dan menjadi tongkrongan wajib bagi para programer. CodePolitan merupakan website yang menyediakan artikel-artikel terkini seputar IT.

Selain artikel dan berita, codepolitan juga menyediakan sarana untuk belajar pemrograman yang menarik. Ada beberapa sarana belajar yang disediakan. Mulai dari kelas online (dicoding academy), interactive learning, tutorial set, serta yang terbaru adalah kelas offline (school). Selain itu kamu juga bisa mengunduh ebook yang tersedia di sini. 

Hal yang menarik dari situs ini adalah, adanya reward yang bernama val. Dikutip dari situsnya, val adalah satuan yang mengukur tingkat keaktifan user dalam berkontribusi di CodePolitan. Val ini dapat kamu peroleh dengan berbagai cara antara lain : melengkapi profile, menyelesaikan course, memposting artikel atau event, dan aksi khusus.

Semakin kamu aktif maka akan semakin banyak val yang dapat kamu peroleh. Val tersebut dapat kamu gunakan untuk mendownload ebook, mengikuti interactive learning, mengikuti event atau giveaway yang diadakan codepolitan, bahkan mendapatkan hadiah tertentu dari codepolitan.

Duniailkom

Duniailkom

Duniailkom merupakan blog yang berisi berbagai tutorial seputar pemrograman. Bagi kamu yang ingin mempelajari pemrograman, kamu bisa belajar melalui blog ini.

Fokus tutorial yang disediakan blog ini antara lain : tutorial HTML, tutorial CSS, tutorial PHP, tutorial JavaScript, tutorial MySQL, tutorial WordPress, tutorial jQuery, serta Tutorial cPanel.

Tutorial-tutorial yang tersedia disini sangat membantu juga bagi kita yang sedang mengerjakan tugas atau jobsheet dari guru atau dosen. Tak jarang blog ini sering dijadikan sebagai referensi untuk mengerjakan tugas terkait pemrograman.

Selain tutorial dalam bentuk postingan, blog ini juga menyediakan tutorial yang telah dikemas rapi dalam bentuk ebook yang bisa kamu nikmati dengan harga tertentu. Meskipun berbayar, namun saya rasa itu semua sepadan dengan ilmu dan materi yang akan kita dapatkan.

Itulah beberapa situs yang dapat kita gunakan untuk belajar pemrograman. Jangan menyerah dalam belajar, karena di era seperti sekarang ini kita bisa belajar dari mana saja :). Sekian postingan dari saya, semoga bermanfaat.



Load Comments