Solusi Error "unexpected SSH2_MSG_UNIMPLEMENTED packet" pada PuTTY


Solusi Error "unexpected SSH2_MSG_UNIMPLEMENTED packet" pada PuTTY

Kronologi awalnya adalah saya sedang membuat server virtual pada aplikasi VMware. Sistem operasi  yang saya gunakan adalah Ubuntu Server 16.04.3 . Setelah sukses menginstal sistem operasi, saya lanjutkan dengan menginstal paket ssh agar bisa saya akses melalui PuTTY. Ketika saya sedang mencoba untuk mengakses server virtual menggunakan PuTTY, tiba-tiba muncul pesan error seperti berikut :

pesan error yang tampil pada putty

Pesan error di atas bertuliskan :
"Disconnected: Server protocol violation: unexpected SSH2_MSG_UNIMPLEMENTED packet"

Dugaan awal saya adalah kesalahan service ssh pada server. Kemudian saya cek status dari service ssh tersebut dan ternyata status server aktif dan sudah berjalan.

gambar status service ssh pada server

Kemudian saya coba ubah sedikit konfigurasi ssh lalu saya save dan restart service. Ternyata saya masih gagal login dan masih menampilkan pesan error yang sama. Akhirnya saya coba untuk mencari referensi di internet dan menemukan salah satu forum yang sedang membahas pesan error seperti yang saya alami. 

Lalu saya lihat salah satu jawaban yang mengatakan bahwa ada kemungkinan error yang terjadi dikarenakan aplikasi putty yang sudah lama. Dan sayapun mengunduh putty versi terbaru kemudian saya coba lagi untuk login.

Gambar login berhasil pada putty

Jeng jengg ! akhirnya saya berhasil login menggunakan ssh. Kemungkinan terdapat konfigurasi atau hal lain yang tidak kompatibel pada apliaksi putty versi terdahulu. Jadi solusinya adalah INSTAL PuTTY VERSI TERBARU.

Demikianlah sedikit pengalaman error yang saya alami. Meskipun terlihat sederhana mungkin saja di luar sana ada yang masih bingung dan masih mencari solusi hingga saat ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.



Referensi :
https://forums.freebsd.org/threads/56668/


Load Comments